Analisis Institutional Based Trust Terhadap Pengembangan Taman Baca Masyarakat (Studi Kasus di TBM Rumah Baca Aneuk Nanggroe Aceh)”

Muhammad Haikal, 190503344 (2023) Analisis Institutional Based Trust Terhadap Pengembangan Taman Baca Masyarakat (Studi Kasus di TBM Rumah Baca Aneuk Nanggroe Aceh)”. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Institutional Based Trust, Pengembangan Taman Baca.] Text (Institutional Based Trust, Pengembangan Taman Baca.)
Muhammad Haikal, 190503344, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Institutional Based Trust Terhadap Pengembangan Taman Baca Masyarakat (Studi Kasus di TBM Rumah Baca Aneuk Nanggroe Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui TBM Ruman Aceh membangun Institutional Based Trust pengembangan Taman Bacaan Masyarakat dan mengetahui respon donatur terhadap pengelolaan dana TBM Ruman Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Ruman (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, melakukan wawancara terstruktur terhadap penanggung jawab, pengelola, donatur aktif, donatur tidak aktif, dan pemustaka Ruman Aceh, serta melakukan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian/display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (1) TBM Ruman Aceh membangun Institutional Based Trust pengembangan Taman Bacaan Masyarakat dengan memiliki kepercayaan donatur yang berkelanjutan dalam memberikan donasi untuk pengembangan yang Ruman Aceh lakukan. Walaupun Ruman Aceh tidak memiliki standar khusus dalam pencarian donatur, tetapi Ruman Aceh memiliki keterbukaan penggunaan donasi yang telah diberikan dan konsisten terhadap program yang telah mereka jalankan memegang teguh keamanan data privasi para donatur yang memberikan donasi, dan (2) Respon donatur terhadap pengelolaan dana TBM Ruman Aceh adalah untuk pengembangan program dan meningkatkan eksistensi Ruman Aceh, mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam pengelolaan donasi yang masuk, dan mengelola dana yang masuk untuk kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Haikal Haikal
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:20
Last Modified: 19 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32670

Actions (login required)

View Item
View Item