Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Layanan Ibadah Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh

Lisa Arif Nayanti, 160402056 (2021) Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Layanan Ibadah Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Layanan Ibadah Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh] Text (Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Layanan Ibadah Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Layanan Ibadah di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh”. Dalam penelitiaan ini masih ada ditemukan pada Rumah Sakit Meuraxa dalam melaksanakan ibadah masih terlalu minim di lakukan oleh pasien-pasien yg berada pada RSUD Meuraxa kota Banda Aceh, sedangkan RSUD Meuraxa adalah rumah sakit yang sudah menerapkan konsep islami dalam mengobati pasien dan melayani pasien-pasiennya dengan mengedepankan ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk layanan ibadah yang diterapkan di RSUD Meuraxa dan untuk mengetahui peran Dewan Pengawas Syariah dalam penerapan layanan ibadah di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Sedangkan dalam penentuan sampel digunakan tekhnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini pihak RSUD Meuraxa dan Dewan Pengawas Syariah dan Instalasi Pelayanan Islami(IPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk layanan ibadah yang diterapkan di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh tidak hanya diberlakukan kepada pasien melainkan juga para pegawai/petugas yang bertugas di RSUD Meuraxa tersebut. Bentuk layanan ibadah kepada pasien berupa mengingatkan pasien agar terus mengingat Allah SWT baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Layanan ibadah lainnya berupa menjaga kewajiban pasien dalam segala urusan agama seperti memandu pasien dalam menuntun tatacara bersuci(wudhu dan tayamum), ibadah shalat, mendampingi pasien saat menghadapi sakratul maut dan lain sebagainya. Peran Dewan Pengawas Syariah dalam penerapan layanan ibadah pada RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh memberikan edukasi berkaitan dengan aspek syariah kepada petugas rumah sakit tentang layanan ibadah secara Syariah melalui musyawarah Melakukan pertemuan sesama pihak RSUD Meuraxa dengan memberikan bimbingan agar dalam pelaksanaan layanan dilakukan secara Syariah serta menentukan aturan-aturan pelaksanaan layanan ibadah bagi seluruh elemen RSUD Meuraxa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lisa Arif Nayanti Lisa
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:29
Last Modified: 19 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32674

Actions (login required)

View Item
View Item