Tahlilu Bunudil As-Ilati Fil Kitabil Madrasiy "Allugah Al Arabiyah" Bil Madrasah Aliyah Alhukumiyah BI MAN 1 Banda Aceh

Fajar Amelia, 180202068 (2022) Tahlilu Bunudil As-Ilati Fil Kitabil Madrasiy "Allugah Al Arabiyah" Bil Madrasah Aliyah Alhukumiyah BI MAN 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Butir Soal di Buku Ajar Siswa "Allughah      Al-Arabiyyah" kelas X di MAN 1 Banda Aceh] Text (Analisis Butir Soal di Buku Ajar Siswa "Allughah Al-Arabiyyah" kelas X di MAN 1 Banda Aceh)
FA EDIT A5 (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya mutu pembelajaran serta pentingnya belajar mengajar membuat lembaga pendidikan seperti sekolah dituntut untuk meyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Penyebab rendahnya kualitas pembelajaran bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan ajar yang digunakan. Banyak sekolah yang menggunakan buku ajar sebagai masing-masing mata pelajaran. Kualitas buku ajar yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh menggunakan buku ajar “Allughah Al-Arabiyyah” dalam pembelajaran Bahasa Arab. Buku ajar tersebut belum pernah dianalisis kualitas soalnya, oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal pada buku tersebut. Soal yang diteliti merupakan soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 50 butir soal yang diujikan kepada 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan tehnik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan soal-soal pilihan ganda, lembar jawaban siswa, dan kunci jawaban buku ajar “Allughah Al-Arabiyyah”. Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan menggunakan program ANATES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda buku ajar “Allughah Al-Arabiyyah” kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh memiliki validitas dengan kategori cukup karena 37% indeks validitasnya yang memenuhi standar, reliabilitas masuk dalam kategori sangat baik karena menunjukkan nilai 0,95, daya pembeda soal menunjukkan bahwa 18 soal (36%) masuk dalam kategori baik, 22 soal (44%) masuk kategori sedang, 1 soal (2%) masuk kategori sangat baik, 5 soal (10%) masuk kategori cukup, dan 4 soal ( 8%) masuk kategori gagal. Dan tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa 32 soal (64%) masuk kategori mudah, 18 soal (36%) masuk kategori sedang, dan tidak didapati soal dengan kategori sukar di buku ajar tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fajar Amelia Fajar
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:10
Last Modified: 20 Sep 2023 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32682

Actions (login required)

View Item
View Item