Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Pcq-Queue Tree Pada Router Mikrotik Di Plasa Telkom Beureunuen

Muhammad Khatami, 180212037 (2023) Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Pcq-Queue Tree Pada Router Mikrotik Di Plasa Telkom Beureunuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Pcq-Queue Tree Pada Router Mikrotik Di Plasa Telkom Beureunuen] Text (Implementasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Pcq-Queue Tree Pada Router Mikrotik Di Plasa Telkom Beureunuen)
Muhammad Khatami, 180212037, FTK, PTI, 085277605010.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Jaringan internet merupakan komponen dari bidang komunikasi serta teknologi informasi, yang berada didalam jaringan. Berdasarkan observasi awal di Plasa Telkom Beureunuen, bahwasanya terdapat gangguan pada saat berlansungnya jam kerja, terjadinya jaringan yang terbuka luas untuk pengguna lain sehingga menyebabkan proses kerja karyawan sangat terganggu oleh hal yang demikian, untuk itu implementasi manajemen bandwidth di Plasa Telkom Beureunuen penting dimanajemenkan dengan router mikrotik sehingga jaringan internet dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan manajemen bandwidth menggunakan metode PCQ-Queue Tree di Plasa Telkom Beureunuen dan Mendapatkan hasil pengujian parameter Quality of Service (QoS) delay dan throughput. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi menggunakan metode PCQ-Queue Tree pada mikrotik di Plasa Telkom Beureunuen mendapatkan jaringan yang stabil dan setiap client yang masuk ke dalam jaringan Plasa Telkom Beureunuen akan otomatis terlimit sesuai dengan pembagian banwidth yang telah di tetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Khatami
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:51
Last Modified: 21 Sep 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32684

Actions (login required)

View Item
View Item