Analisis Dan Uji Coba Tingkat Keamanan Website Uin Ar-Raniry Menggunakan Acunetix Web Vulnerability Scanner

Mulya Akmal, 180705004 (2023) Analisis Dan Uji Coba Tingkat Keamanan Website Uin Ar-Raniry Menggunakan Acunetix Web Vulnerability Scanner. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang menguji website menggunakan acunetix] Text (membahas tentang menguji website menggunakan acunetix)
Mulya Akmal, 180705004, FST, TI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mulya Akmal
NIM : 180507004
Fakultas/Prodi : Sains Dan Teknologi/Teknologi Informasi
Judul : Analisis Tingkat Keamanan Website UIN Ar-Raniry Menggunakan Acunetix Web Vulnerability Scanner
Tanggal Sidang : 27 Juli 2023
Jumlah Halaman : 68 Halaman
Pembimbing I : Malahayati, M.T
Pembimbing II : Rahmat Musfikar, M.Kom
Kata Kunci : Tingkat Keamanan, Website, Vulnerability Scanner, Acunetix web vulnerability scanner

Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry merupakan media akses yang dilakukan seluruh mahasiswa, namun website siakad UIN Ar-Raniry belum pernah dilakukan pengujian vulnerability, sehingga tidak menutup kemungkinan keamanan website siakad.ar-raniry.ac.id di-hack oleh sekelompok tertentu untuk mencuri, menghapus atau merusak data. Dengan melakukan pengujian bertujuan mencari tau level tingkatan keamanan website yang hasilnya tidak menjamin sistem bebas dari resiko serangan, tetapi dapat meminimalisir serangan yang dapat disalahgunakan, karena untuk menjelajahi semua aspek diperlukan pengujian tingkat lanjut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyususnan Tugas Akhir ini yaitu jenis penelitian eksperimen. Namun, dalam menganalisis hasil scanning website menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Hasil yang ditemukan Acunetix pada website siakad UIN Ar-Raniry diperoleh 4 keretanan pada level low, 2 pada level medium, 0 pada level high dan 4 pada level information yang berarti kerentanan terjadi karena kesalahan konfigurasi , site coding yang lemah dan website belum bisa dikategorikan aman karena masih terdapat celah keamanan dan berpotensi diakases tanpa izin yang bisa merusak sistem. Website siakad UIN Ar-Raniry perlu dilakukan penelitian mendalam mengenai kerentanan dan meningkatkan keamanan website, hal ini berupaya terhindar dari kerentanan serta diperlukan penyajian hasil audit keamanan dalam bentuk lain yang memiliki standar keamanan informasi lain agar hasilnya lebih optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Mulya Akmal
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:19
Last Modified: 20 Sep 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32694

Actions (login required)

View Item
View Item