Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pengelolaan Dan Penanganan Sampah Perkotaan Di Wilayah Kota Banda Aceh (Studi Terhadap Konsep Fiqh Siyasah Dusturiyah)

Muhammad Rizki, 150105117 (2023) Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pengelolaan Dan Penanganan Sampah Perkotaan Di Wilayah Kota Banda Aceh (Studi Terhadap Konsep Fiqh Siyasah Dusturiyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pengelolaan Dan Penanganan Sampah Perkotaan Di Wilayah Kota Banda Aceh (Studi Terhadap Konsep Fiqh Siyasah Dusturiyah)] Text (Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pengelolaan Dan Penanganan Sampah Perkotaan Di Wilayah Kota Banda Aceh (Studi Terhadap Konsep Fiqh Siyasah Dusturiyah))
Muhammad Rizki, 150105117, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Sampah sebagai dampak dari pembangunan menuntut perhatian secara khusus dari pemerintah. Dalam menghadapi permasalahan tersebut Pemerintah Kota Banda Aceh melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan ditetapkannya Qanun Nomor 01 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah, dibentuknya qanun tersebut guna mengatur bagaimana cara pengelolaan sampah untuk mengatasi permasalahan sampah yang terjadi di Kota Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kebijakan pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengelola dan menangani masalah persampahan serta bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap kebijakan pengelolaan sampah berdasarkan Qanun Nomor 01 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris, penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (library research). Hasil penelitian menyimpulkan keterlibatan DLHK3 dalam penanganan sampah di Wilayah Kota Banda Aceh sudah cukup baik karena pemerintah sudah melakukan beberapa upaya yang sesuai dengan peraturan daerah dalam mengendalikan permasalahan sampah tersebut sehingga mampu menjaga keadaan sekitar lingkungan bebas dari pencemaran lingkungan. Dalam pandangan fiqh siyasah pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sesuai dengan syariat Islam, karena manusia sebagai khalifah di bumi ialah untuk dapat memakmurkan bumi terhindar dari permasalahan sampah sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Muhammad Rizki
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:22
Last Modified: 20 Sep 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32700

Actions (login required)

View Item
View Item