Perencanaan Desain Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPAL-D) (Studi Kasus: Pengolahan Air Limbah Hotel Mita Mulia, Banda Aceh)

Salsabila Khalisa, 180702080 (2023) Perencanaan Desain Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPAL-D) (Studi Kasus: Pengolahan Air Limbah Hotel Mita Mulia, Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Limbah Domestik, IPAL, Biofilter Anaerob-Aerob] Text (Limbah Domestik, IPAL, Biofilter Anaerob-Aerob)
Salsabila Khalisa,180702080, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Hotel Mita Mulia merupakan salah satu industri perhotelan yang terletak di lingkungan kampus terbesar di Aceh. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah kebutuhan kamar pada hari besar seperti wisuda, sehingga air limbah yang dihasilkan lebih banyak pula. Hotel Mita Mulia menghasilkan sebanyak 30.000 L/hari yang dihasilkan dari kafe, dapur, penatu, kamar mandi dan wastafel. Hasil uji pendahuluan kualitas air limbah Hotel Mita Mulia parameter COD, BOD, TSS, Minyak dan Lemak serta Amoniak menunjukkan telah melewati baku mutu yang ditetapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 68 Tahun 2016 Tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik. Salah satu teknologi pengolahan air limbah yaitu menggunakan IPAL dengan metode Biofilter Anaerob-Aerob yang dilengkapi dengan Bak Penangkap Lemak, Bak Pengendapan Awal, Bak Biofilter Anaerob, Bak Biofilter Aerob dan Bak Pengendapan Akhir. Total lahan perencanaan yang dibutuhkan yaitu 18,75 m2 dengan pengerjaan BoQ dimulai dari perhitungan penggalian tanah biasa untuk konstruksi sampai dengan pekerjaan pembesian dengan besi beton (polos) yaitu bekisting lantai, dinding dan atap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Salsabila Khalisa Sabil
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:23
Last Modified: 20 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32708

Actions (login required)

View Item
View Item