Perancangan Jaringan Menggunakan Metode Virtual Local Area Network Untuk Manajemen Ip Address Pada SMA Negeri 1 Darul Imarah

Sultan Haffidz, 180212114 (2023) Perancangan Jaringan Menggunakan Metode Virtual Local Area Network Untuk Manajemen Ip Address Pada SMA Negeri 1 Darul Imarah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of VLAN, VTP, ACLs, ADDIE, Cisco Packet Tracer] Text (VLAN, VTP, ACLs, ADDIE, Cisco Packet Tracer)
Sultan Haffidz, 180212114, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi mempengaruhi perkembangan teknologi informasi. Dengan majunya teknologi sekarang, data dapat dikirimkan dari satu tempat ke tempat yang lain melalui telekomunikasi. Jaringan komputer adalah hubungan antara dua node atau lebih yang tujuan utamanya adalah pertukaran data. Jaringan komputer terdiri dari berbagai bagian yang dapat saling meminta dan memberikan layanan, pihak yang meminta layanan disebut klien, dan pihak yang menyediakan layanan disebut server, rancangan ini disebut sistem client-server. Berdasarkan hasil observasi pada SMA Negeri 1 Darul Imarah, bahwasanya belum adanya sistem mekanisme jaringan yang fleksibel yang terdapat pada sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem manajemen jaringan dengan mengkonfigurasi VLAN untuk 6 ruangan dengan membuat VLAN ID sebanyak 5 VLAN yaitu VLAN ID 10, 20, 30, 40 dan 2 ruangan menggunakan VLAN ID 50 untuk manajemen IP Address menggunakan metode ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate) pada SMA Negeri 1 Darul Imarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan VLAN menggunakan metode ADDIE berhasil dirancamg dengan membuat VLAN sebanyak 5 serta memanajemen IP Address dengan menggunakan IP DHCP kelas C, namun pada VLAN ID 10 peneliti menggunakan IP Static dengan menambahkan ACLs (Access Control List) untuk membatasi hak akses antara VLAN ID 30, 40, 50 dengan VLAN ID 10.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Sultan Haffidz Sultan
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:36
Last Modified: 22 Sep 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item
View Item