Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Jinak Di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Aceh Jaya

Razi Wahyuni, 150703017 (2023) Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Jinak Di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus    Sumatranus) Jinak Di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Aceh Jaya] Text (Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Jinak Di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Aceh Jaya)
Razi Wahyuni, 150703017, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Preferensi merupakan kesukaan atau kecendrungan organisme makhluk hidup terhadap jenis makanan tertentu, setiap organisme untuk melangsungkan kehidupannya memerlukan makanan. Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) mengkonsumsi berbagai jenis tumbuhan dan dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Makanan dipilih oleh gajah terdiri dari rumput, semak, daun pohon, kulit kayu, tumbuhan air dan buah. Alternatif yang dapat dilakukan adalah menyediakan pakan alami. Pengelola CRU Sampoiniet berinisiatif untuk melakukan peberian pakan dengan cara alternatif maka setiap pagi gajah digembalakan sekitaran hutan kawasan CRU untuk mencukupi ketersedian pakannya, dan pada sore hari gajah akan di bawa kembali ke camp CRU untuk dimandikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang menjadi pakan gajah (Elephas maximus sumateranus) di sekitar kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya dan untuk mengetahui tumbuhan preferensi gajah sumatera (Elephas maximus sumateranus) di sekitar kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode focal animal sampling. Berdasarkan hasil penelitian tentang “Preferensi Pakan Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) Jinak Di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya Terdapat 16 jenis dari 9 familia tumbuhan Dikawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya dengan jumlah total individu 224, yang paling banyak di temukan Cyperus rotundus dengan jumlah 46 individu dan Preferensi pakan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) Dikawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya. Cyperus rotundus 21,11% adalah jenis tumbuhan yang paling banyak dikonsumsi, sedangkan Citrus limon 0,79% adalah jenis tumbuhan yang paling sedikit dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Pakan, Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus), CRU, Aceh Jaya
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Razi Wahyuni
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:34
Last Modified: 22 Sep 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32726

Actions (login required)

View Item
View Item