Kajian Kitab Akhlak dan Implementasinya Di Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha Aceh Utara

Zulfa ‘Uya, 190301005 (2023) Kajian Kitab Akhlak dan Implementasinya Di Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha Aceh Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akhlak] Text (Akhlak)
Zulfa 'Uya, 190301005, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena santri di Dayah Terpadu Al-Manatuddiniyah Syamsuddhuha yang telah mempelajari kajian kitab akhlak akan tetapi kurang menerapkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari seperti suka mengambil barang orang lain tanpa meminta terlebih dahulu, suka marah-marah, mengikuti tren orang asing, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai–nilai akhlak yang di terapkan dan faktor pendukung atau penghambat dalam implementasi akhlak yang diterapkan di dalam Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pengumpulan data secara langsung dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi, dimana peneliti sebagai instrument pertama, teknik pengumpulan data dengan analisis data bersifat induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab akhlak dan implementasi yang dilakukan Dayah Terpadu Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha menggunakan metode ta’widiyah (pembiasaan), mau‘izah (nasehat), amtsal (penjelasan) dan uswah (teladan). Faktor yang mendukung dalam Implementasi nilai akhlak yaitu pembinaan, motivasi, dan organisasi yang ada dalam Dayah. Adapun faktor pemghambatnya yaitu kesadaran diri, pemahaman yang kurang, rutinitas yang padat, dan tidak mengamalkan ilmu akhlak yang telah di pelajari

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Zulfa 'Uya Zulfa
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:06
Last Modified: 21 Sep 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32732

Actions (login required)

View Item
View Item