Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dalam Membangun Gampong Miruek Taman Kecamatan Darussalam

Rizki Fonna, 160403016 (2023) Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dalam Membangun Gampong Miruek Taman Kecamatan Darussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dalam Membangun Gampong Miruek Taman Kecamatan Darussalam] Text (Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dalam Membangun Gampong Miruek Taman Kecamatan Darussalam)
Rizki Fonna, 160403016, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti dikarenakan saat pengamatan awal menunjukkan bahwa di kampung Miruek taman Kecamatan Darussalam dipimpin oleh perempuan. berbagai pro dan kontra terus terjadi di tengah kepemimpinan keuchik tersebut. namun dalam kepemimpinannya menuai apresiasi dari masyarakat terkait dengan pembangunan Gampong terutama dalam pembangunan di bidang ibadah. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep kepemimpinan keuchik dalam membangun Gampong miruek taman di bidang agama dan faktor pendukung juga penghambat keuchik perempuan dalam membangun gampong Miruek taman di bidang agama. penelitian ini Menggunakan pendekatan kualitatif. sumber Data diperoleh melalui penelitian lapangan titik data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kepemimpinan ibu ulyani, SE dalam membangun gampong miruek taman di bidang agama diawali dengan program yang dilakukan diantaranya peningkatan pembinaan keagamaan atau syariat Islam, dakwah generasi muda yang merupakan Masyarakat Gampong Miruek Taman sendiri, pembinaan kepada masyarakat pembinaan aqidah umat melalui pengajian rutinan dan dakwah keagamaan, penyuluhan agama Islam dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran syariat Islam. Adapun himbauan yaitu tentang aktivitas Muamalah menjelang Adzan berkumandang dan himbauan lainnya agar masyarakat tidak melakukan pelanggaran syariat Islam. tindakan terhadap pelanggaran syariat Islam juga dilakukan dengan tegas yaitu dengan teguran yang dilanjutkan dengan pembinaan keagamaan kepada pelanggar. pembangunan di bidang agama di Gampong miruk taman di bawah kepemimpinan Ibu Ulyani,SE dapat dikatakan sudah mumpuni sehingga perwujudan kampung yang bersyariat sudah berjalan sangat baik, namun masih ada tingkat pelanggaran Syariah Islam pelaksanaan ibadah salat 5 waktu baik secara berjamaah maupun secara individu masih belum maksimal, hal ini dibuktikan saat masuk waktu salat Masih banyak masyarakat yang berkegiatan serta cara berpakaian yang belum sepenuhnya sesuai dengan syariat. faktor pendukung dari internal yaitu adanya kontrol dari pemerintah dan masyarakat serta dukungan yang berharap agar tegaknya nya syariat Islam secara Kaffah di Gampong miruek taman . Kemudian disisi eksternal yaitu adanya pendakwah memberikan tausiah kepada masyarakat serta dukungan dari pada pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang menjadi dorongan untuk terus melaksanakan pembangunan di bidang agama di kampung miruek taman. faktor pelanggaran syariat Islam sedangkan dari eksternal yaitu adanya pengaruh dari media sosial yang menyebabkan masyarakat menganggap pelanggaran yang dilakukan adalah hal yang masih wajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizki Fonna Rizki
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:12
Last Modified: 21 Sep 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32738

Actions (login required)

View Item
View Item