Sepak Bola dan Pemilu (Strategi Pemenangan H.Nazaruddin Pemilihan Legislatif 2019)

Muhammad Irawan, 170801072 (2023) Sepak Bola dan Pemilu (Strategi Pemenangan H.Nazaruddin Pemilihan Legislatif 2019). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sepak Bola dan Pemilu (Strategi Pemenangan H. Nazaruddin Pemilihan  Legislatif 2019)] Text (Sepak Bola dan Pemilu (Strategi Pemenangan H. Nazaruddin Pemilihan Legislatif 2019))
Muhammad Irawan, 170801072, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keikutsertaan H. Nazaruddin sebagai kontestan dalam Pemilihan Legislatif Tahun 2019 memang menjadi fenomena yang menarik perhatian. Hal ini karena H. Nazaruddin Dek Gam berlatar belakang sebagai presiden tim Persiraja Banda Aceh yang merupakan satu-satunya klub di Aceh yang bermain di level kasta profesional. Penelitian lapangan dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, wawancara langsung dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan H. Nazaruddin dalam memanfaatkan Persiraja sebagai instrumen kampanye pemilihan legislatif DPR-RI 2019 dan mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan sepakbola sebagai instrumen kampanye, khususnya Persiraja pada konteks membantu dalam proses pemenangan H. Nazaruddin pada pemilihan legislatif DPR-RI 2019. Hasil penelitian ini menunjukan dua hal, pertama sepakbola merupakan salah satu faktor kemenangan terbesar Dek Gam karena menjadi ajang olahraga yang sangat populer dan diminati banyak penggemar di masyarakat Aceh terutama pemuda. Hal tersebut menjadi alasan kenapa Persiraja Banda Aceh menjadi modal sosial yang dimiliki oleh Nazaruddin Dek Gam yang berpengaruh dalam kemenangan Dek Gam di pemilihan legislatif 2019. Kedua, pengaruh Dek Gam sebagai tokoh politik yang memajukan Persiraja Banda Aceh membuat sosok beliau dikenal masyarakat luas di Aceh yang kemudian berdampak pada timbulnya persepsi pada masyarakat tentang seorang tokoh politik tersebut dengan harapan dipilih pada saat pemilu 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sepakbola, Strategi, Pemilu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Irawan Muhammad
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:16
Last Modified: 21 Sep 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item
View Item