Strategi Gastrodiplomasi Korea Selatan Dalam Membangun Hubungan Bilateral Dengan Indonesia

Shaumi Maghfirah, 170801002 (2022) Strategi Gastrodiplomasi Korea Selatan Dalam Membangun Hubungan Bilateral Dengan Indonesia. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Gastrodiplomasi Korea Selatan Dalam Membangun Hubungan Bilateral Dengan Indonesia] Text (Strategi Gastrodiplomasi Korea Selatan Dalam Membangun Hubungan Bilateral Dengan Indonesia)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan makanan sebagai salah satu media utama dalam kegiatan diplomasi menjadi sebuah alternatif yang menjanjikan dan dikenal dengan sebutan gastrodiplomasi. Salah satu negara yang menggunakan gastrodiplomasi adalah Korea Selatan. Korea Selatan merupakan negara dengan warisan budaya kuliner yang sangat beragam. Sejalan dengan semakin populernya hallyu wave di kancah internasional juga turut membawa kuliner khas Korea semakin dikenal oleh masyarakat dunia, Korea Selatan mengambil kesempatan tersebut untuk memulai kegiatan gastrodiplomasi dengan meluncurkan kampanye Korean Cuisine to The World. Dalam skripsi ini akan menjelaskan tentang apa saja strategi yang dilakukan Korea Selatan untuk menyukseskan kampanye gastrodiplomasi di Indonesia serta bagaimana gastrodiplomasi berperan dalam terbentuknya hubungan bilateral Korea Selatan dengan Indonesia. Pada skripsi ini digunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan penelitian studi kepustakaan atau literature research dimana penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data sekunder atau referensi ilmiah yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan gastrodiplomasi berperan cukup aktif dalam membangun hubungan bilateral antara Korea Selatan dengan Indonesia. Hubungan yang dibangun oleh gastrodiplomasi ini sendiri menuai keuntungan bagi kedua negara tersebut. Bagi Korea Selatan, melihat antusiasnya Indonesia akan kuliner Korea membuat Korea Selatan aktif menargetkan Indonesia sebagai tujuan untuk memasarkan produk makanannya dan juga dari rasa antusias itu sendiri turut menyumbang pada kenaikan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan. Bagi Indonesia, dengan merebaknya produk makanan Korea di Indonesia serta banyaknya restoran Korea yang dibuka di Indonesia berdampak baik pada terbukanya banyak lapangan kerja bagi para tenaga kerja lokal sehingga hal ini memberikan potensi keuntungan yang besar bagi perekonomian Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Shaumi Maghfirah Shaumi
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:14
Last Modified: 21 Sep 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item
View Item