Strategi Pemerintah Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Di Kabupaten Aceh Selatan

Sarah Sundari Siddiq, 180801020 (2023) Strategi Pemerintah Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Di Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pemerintah Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Di Kabupaten Aceh Selatan] Text (Strategi Pemerintah Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Di Kabupaten Aceh Selatan)
Sarah Sundari Siddiq, 180801020, FISIP, IP, 081285603176.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2020 sejak masuknya virus corona di Indonesia dan menyebar diseluruh wilayah salah satunya Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menjelaskan adanya strategi pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam upaya memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat pada sektor-sektor yang terdampak covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi pada sektor kesehatan adalah : adanya penyuluhan kesehatan dengan memberi bimbingan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan memberikan anggaran bagi masyarakat yang terdampak covid-19 berupa anggaran gizi buruk untuk bayi, dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan lansia. Selanjutnya strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi pada sektor perikanan adalah : memberikan belanja hibah bagi para nelayan berupa barang dan juga bantuan sosial berupa uang tunai untuk membeli kebutuhan kolam baik berupa bibit, pakan dan lainnya. Selanjutnya strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi sektor UMKM adalah : Pertama ada program pembinaan kepada UMKM, kedua adanya penyuluhan untuk pendampingan UMKM. Ketiga adanya bantuan dari pemerintah pusat yang disebut dengan BPUM dan bantuan dari pemerintah daerah disebut dana hibah. Dan selanjutnya strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi pada sektor pariwisata adalah: melakukan promosi pariwisata dengan mengikuti ajang perlombaan pesona Indonesia, dan memberi dorongan kepada pelaku UMKM untuk bergerak kembali meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemerintah, Pemulihan Ekonomi, Covid-19.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Sarah Sundari Siddiq Sarah
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:27
Last Modified: 21 Sep 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32747

Actions (login required)

View Item
View Item