Optimalisasi Fungsi Sosial Masjid Terhadap Masyarakat dalam Kajian Sosiologi (Studi tentang Masjid Tuha Labuhan Tarok Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)

Muhammad Rizki, 180305022 (2023) Optimalisasi Fungsi Sosial Masjid Terhadap Masyarakat dalam Kajian Sosiologi (Studi tentang Masjid Tuha Labuhan Tarok Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Masjid, Sosial, Masyarakat] Text (Masjid, Sosial, Masyarakat)
Muhammad Rizki, 180305022, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Masjid adalah simbol atau tempat berkumpulnya umat Islam untuk beribadah serta melakukan kegiatan-kegiatan lainya. Selain itu Masjid juga berperan sebagai tempat berkumpul atau tempat bermusyawarah umat muslim, melaksanakan peringatan hari besar Islam, bersosialisasi dan belajar agama syiar dan dakwah, melaksanakan zakat, shadaqoh, berkurban dan lain sebagainya. Optimalisasi Masjid tidak hanya sebagai sarana tempat ibadah saja namun juga dapat dirubah menjadi pembinaan masyarakat, tidak hanya itu Masjid juga dapat difungsikan sebagai pembinaan aspek wawasan sosial, musyawarah permasalahan politik bahkan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi sosial Masjid Tuha terhadap masyarakat Desa Labuhan Tarok serta mengetahui bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dan mengoptimalisasikan fungsi sosial Masjid Tuha di Desa Tuha Labuhan Tarok. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dalam bentuk penilitian lapangan (field research) dengan mengunakan teknik pengumpulan data lainya berupa observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Masjid memiliki peran dan fungsi sebagai berikut: pertama, tempat ta’dibul ummah. Kedua, Tauhidul ummah, Ketiga, Taqwiyatul ummah. Adapun optimalisasi yang dilakukan masyarakat untuk mempertahankan Masjid Tuha adalah masyarakat tetap melakukan gotong royong seminggu sekali di Masjid Tuha dan Masjid Tuha dijadikan backup (cadangan) apabila Masjid modern mengalami renovasi atau perehapan. Jadi Masjid ini juga berperan penting untuk kemaslahatan ummat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Muhammad Rizki Rizki
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:30
Last Modified: 22 Sep 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32748

Actions (login required)

View Item
View Item