Implementasi Pembinaan Karakter Di Sdik Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar

Maira Hulwa, 160201090 (2023) Implementasi Pembinaan Karakter Di Sdik Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pembinaan Karakter Di Sdik Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar] Text (Implementasi Pembinaan Karakter Di Sdik Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar)
Maira Hulwa, 160201090, FTK, PAI, 081360761983.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembinaan karakter di SDIK Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi pembinaan karakter di SDIK Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar berdasarkan 7 karakter, yaitu disiplin, amanah, harmonis, santun, yakin, aktif, terampil dan berprestasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan waka kesiswaan SDIK Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa implementasi pembinaan karakter di SDIK Nurul Quran Lamsayuen Aceh Besar dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan berbagai cara. Implementasi pembinaan karakter dalam kegiatan pembelajaran diimplementasikan melalui pembiasaan, metode pembelajaran, keteladanan, pemberian motivasi, nasihat, pemahaman dan apresiasi. Nilai-nilai karakter yang paling menonjol pada implementasi pembinaan karakter dalam kegiatan pembelajaran yaitu disiplin, amanah, harmonis, santun, yakin, aktif, terampil dan berprestasi. Sedangkan implementasi pembinaan karakter di luar kegiatan pembelajaran diimplementasikan melalui pembiasaan, pengadaan fasilitas sekolah, pengadaan program-program sekolah, keteladanan, pemberian motivasi dan apresiasi. Nilai-nilai karakter yang paling menonjol pada implementasi pembinaan karakter di luar kegiatan pembelajaran yaitu nilai toleransi dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maira Hulwa
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:29
Last Modified: 21 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32751

Actions (login required)

View Item
View Item