Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Tajwid Siswa Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar

Devi Arsita, 150201138 (2023) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Tajwid Siswa Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Tajwid Siswa Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Tajwid Siswa Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar)
Devi Arsita, 150201138, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Belajar AL-Qur’an secara talaqqi merupakan hal yang sangat penting, karena talaqqi adalah metode face to face (tatap muka) dengan seorang guru, langsung berhadapan-hadapan, mendengar, melihat dan membaca secara langsung dari orang yang ahli. Sebab tidak mungkin benar bacaan seseorang apabila tidak bertemu dan berguru secara langsung (tatap muka) dengan orang yang ahli. Di MTsS Lam Ujong Aceh Besar masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta pemahaman tentang tajwid masih sangat rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara yang kemudian tes diselesaikan melalui rumus mencari rata-rata KKM, observasi diselesaikan dengan rumus mencari persentase aktivitas guru dan siswa, dan wawancara dianalisis melalui deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru pada penerapan metode talaqqi di siklus I dan siklus II dikategorikan baik sekali, Aktivitas siswa pada penerapan metode talaqqi di siklus I dikategorikan baik, sedangkan aktivitas siswa di siklus II dikategorikan baik sekali. Metode talaqqi dapat meningkatkan penguasaan materi tajwid siswa kelas VIII, dapat dilihat bahwa pada siklus I keberhasilan belajar siswa hanya mencapai 73,68%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat drastis yaitu keberhasilan belajar siswa mencapai 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Talaqqi, Materi Tajwid, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Arsita Devi
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:36
Last Modified: 26 Sep 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32755

Actions (login required)

View Item
View Item