Strategi Pemasaran Pembiayaan Jemput Bola pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Ulee Kareng

T. Al Furqanulhad, 041300731 (2017) Strategi Pemasaran Pembiayaan Jemput Bola pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Ulee Kareng. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pembiyaan Jemput Bola BPRS)
T. Al Furqanulhad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Ulee Kareng yang beralamat di jalan T. Iskandar Lamglumpang Ulee Kareng. PT. BPRS Hikmah Wakilah mengeluarkan produk pembiayaan mudharabah dan musyarakah, tabungan Hikmah, tabungan Ku, tabungan Pendidikan, Deposito dan jasa lainnya seperti transfer antar bank, pembayaran listrik, air, dan sebagainya dan menjalankannya dengan prinsip syariah Islam. PT. BPRS Hikmah Wakilah merupakan salah satu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang fokus melayani usaha mikro dan kecil yang menginginkan proses mudah, pelayanan cepat, persyaratan ringan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Tujuan penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan yang didasarkan pada pemasaran jasa dengan strategi jemput bola. Jemput bola merupakan suatu strategi yang mengutamakan interaksi langsung antara perusahan dan nasabah dengan pihak perusahaan datang langsung ketempat usaha atau rumah nasabah untuk melaksanakan transaksi agar menjadi lebih mudah tanpa harus datang ke bank, ini bertujuan untuk mempermudah nasabah, dan strategi ini juga menjadi salah satu keunggulan PT. BPRS Hikmah Wakilah untuk bersaing dengan kompetitornya. Selama melakukan kerja praktik di tempat ini, penulis telah melihat proses transaksi pembiyaan dan ikut terjun langsung ke lapangan bersama karyawan bank untuk menjalankan strategi jemput bola terhadap tindakan-tindakan transaksi baik itu penagihan angsuran pembiayaan, jemputan setoran dan penarikan maupun hanya sekedar ingin berbagi cerita antara karyawan dan nasabah. PT. BPRS Hikmah Wakilah menjadikan pemasaran jasa dengan strategi jemput bola sebagai strategi penting dalam mencapai visi dan misi perusahaan dan juga sebagai keunggulan dalam melayani nasabah dan mendapatkan kepercayaan masyarakat, sehingga sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP) yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Zaki Fuad Chalil, M.Ag 2.Dr. Muhammad Adnan, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: BPRS,Pembiayaan, Jemput Bola
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 03 Apr 2018 10:02
Last Modified: 03 Apr 2018 10:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3276

Actions (login required)

View Item View Item
TOP