Penenerapan Metode Diskusi Dan Media Gambar Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya

Huzaifah, 150207146 (2023) Penenerapan Metode Diskusi Dan Media Gambar Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penenerapan Metode Diskusi Dan Media Gambar Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya] Text (Penenerapan Metode Diskusi Dan Media Gambar Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah SMAS Babul Istiqamah Aceh Barat Daya)
Huzaifah, 150207146, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di SMAS Babul Istiqamah masih bersifat terpusat pada guru dan sering sekali menggunakan metode ceramah dan mendikte atau sistem catat buku sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karenanya dilakukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode diskusi dan media gambar pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X SMAS Babul Istiqamah sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode diskusi dan media gambar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode diskusi dan media gambar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAS Babul Istiqamah berjumlah 13, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan tes terpilih ganda dan lembar angket berbentuk skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perhitungan statistik uji-t dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai pre-test 38,85 dan nilai post-test sebesar 77,31. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,58 > 1,78. Respon siswa terhadap penerapan metode diskusi dan media gambar termasuk kategori tinggi dengan tingkat persentase 70,7%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan metode diskusi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAS Babul Istiqamah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Huzaifah Huzaifah
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:59
Last Modified: 22 Sep 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32764

Actions (login required)

View Item
View Item