Jaringan Guru-Murid Dan Pengaruh Sosial Keagamaan Abuya Baihaqi Batu Korong Aceh Singkil

Salma Wati, 190305102 (2023) Jaringan Guru-Murid Dan Pengaruh Sosial Keagamaan Abuya Baihaqi Batu Korong Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Jaringan Guru-Murid Dan Pengaruh Sosial Keagamaan Abuya Baihaqi Batu Korong Aceh Singkil] Text (Jaringan Guru-Murid Dan Pengaruh Sosial Keagamaan Abuya Baihaqi Batu Korong Aceh Singkil)
Salma Wati, 190305102, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Abuya Batu Korong merupakan seorang pemimpin pesantren Babussalam Batu Korong Aceh Singkil yang memiliki pengaruh sosial keagamaan yang sangat baik dalam lingkungan masyarakat, dengan adanya sosial keagamaan bagi abuya Batu Korong maka terciptalah suatu Jaringan Guru-Murid, dan setelah adanya jaringan guru-murid bagi abuya Batu Korong maka tumbuhlah suatu pengaruh sosial bagi masyarakat. Masyarakat bisa belajar dan juga berperan didalam maupun diluar sebuah wilayah, hal tersebut yang mengakibatkan terciptanya suatu pengaruh sosial keagamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana profil kehidupan dan pendidikan awal abuya Batu Korong, bagaimana jaringan guru murid abuya Batu Korong, dan apa saja pengaruh sosial keagamaan Abuya Batu Korong. Sedangkan didalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahi profil kehidupan dan pendidikan awal Abuya Batu Korong, untuk mengetahui jaringan guru murid Abuya H. Baihaqi Batu Korong, untuk mengetahui apa saja pengaruh dari ajaran guru murid Abuya H. Baihaqi Batu Korong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang kehidupan dan pendidikan awal abuya H. Baihaqi Batu Korong dimulai dari pendidikan sekolah rakyat hingga pendidikan dayah dan akhinya beliau menjadi salah satu ulama di Aceh Singkil. Jaringan guru murid dan pengaruh sosial keagamaan abuya H. Baihaqi Batu Korong sangat berpengaruh dalam kehidupan masaakat, dengan adanya jaringan dimulai pada saat abuya belajar bersama ulama-ulama yang ternama, sehingga terbentuklah suatu jaringan dan pengaruh sosial keagamaan didalam suatu masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Salma Wati
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:05
Last Modified: 22 Sep 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32769

Actions (login required)

View Item
View Item