Makna fī Sabīlillah dalam Surat al-Taubah Ayat 60 Menurut Tafsir al-Qurṭubi dan al-Manār

Anna Jopatul Fikriah, 190303070 (2023) Makna fī Sabīlillah dalam Surat al-Taubah Ayat 60 Menurut Tafsir al-Qurṭubi dan al-Manār. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of fī sabīlillah, Tafsir, al-Qurthubi, al-Manar, perbedaan penafsiran.] Text (fī sabīlillah, Tafsir, al-Qurthubi, al-Manar, perbedaan penafsiran.)
Anna Jopatul Fikriah, 190303070, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perubahan penafsiran dari masa ke masa mengakibatkan penafsiran dari beberapa ulama tafsir berbeda pendapat dalam menafsirkan sebuah kata maupun kalimat, dalam penelitian kali ini penulis melihat perbedaan pandangan tentang fī sabīlillah. Di masa sekarang, penuntut ilmu dikenal sebagai fī sabīlillah, tetapi ulama klasik cenderung mengenal fī sabīlillahdengan berperang di medan perang. Kali ini peneliti ingin melihat juga siapa yang berhak menerima zakat dari golongan ini, dengan mengambil objek penelitiannya adalah fī sabīlillah dalam surat al-Taubah ayat 60, dan kitab tafsir al-Qurṭubi dan tafsir al-Manār sebagai sumber data. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana penafsiran fī sabīlillah dalam surat al-Taubah ayat 60 menurut tafsir al-Qurṭubi dan tafsir al-Manār, dan apa saja perbedaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penafsiran fī sabīlillah dan menganalisis perbedaan penafsiran fī sabīlillah dalam Tafsir al-Qurthubi dan Tafsir al-Manār. Metode penelitian yang digunakan adalah metode muqāran yang membandingkan pendapat mufassir dalam memahami ayat al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan dalam menafsirkan kata fī sabīlillah dalam surat al-Taubah ayat 60. Perbedaan tersebut mencakup objek penafsiran dan penerima zakat. Tafsir al-Qurthubi menekankan pengeluaran harta untuk kepentingan jihad dan pertahanan umat Islam, sementara Tafsir al-Manār mengaitkan fī sabīlillah dengan pengorbanan dalam menyebarkan ajaran Islam, memperjuangkan keadilan, dan segala perbuatan untuk mendekatkan diri kepada Allah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Anna Jopatul Fikriah Anna
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:52
Last Modified: 25 Sep 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32787

Actions (login required)

View Item
View Item