Evaluasi Penyiangan Koleksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Koleksi (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bireuen)

Nurul Camelia, 160503115 (2022) Evaluasi Penyiangan Koleksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Koleksi (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bireuen). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Penyiangan Koleksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Koleksi  (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bireuen)] Text (Evaluasi Penyiangan Koleksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Koleksi (Studi Kasus Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bireuen))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Proses Penyiangan Koleksi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Koleksi Studi Kasus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyiangan koleksi dan pengaruhnya terhadap kualitas koleksi yang terdapat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara. Sementara teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen belum memiliki kebijakan yang dibuat secara khusus untuk melakukan penyiangan koleksi. Proses penyiangan koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali. Proses penyiangan koleksi yang dilakukan antara lain seperti pemilihan koleksi, penentuan jenis koleksi, seleksi koleksi, mencabut katalog, dan membuat berita acara tentang hasil penyiangan. Proses penyiangan koleksi selalu rutin dilakukan untuk menjaga kualitas koleksi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen menggunakan tiga tahapan dalam menentukan kriteria kualitas koleksi yaitu, relevan, mutakhir, dan kelengkapan koleksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nurul Camelia Camelia
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:53
Last Modified: 25 Sep 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32788

Actions (login required)

View Item
View Item