Penerapan Model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIN 7 Pidie

Nadia Fitri, 201325094 (2018) Penerapan Model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIN 7 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Talking Stick]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Talking Stick)
Nadia Fitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas 1V MIN 7 Pidie, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran Pelaksanaan pembelajaran IPS yang baik tergantung pada cara guru menerapkan model pembelajaran yang aktif dan kreatif, salah satunya adalah model Talking Stick yang merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana dalam berdiskusi dan kerjasama dikelas sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Talking Stick pada mata pelajaran ips di kelas IV Min 7 Pidie , (2) Untuk mengetahui penerapan model Talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 7 Pidie Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 7 Pidie yang berjumlah 20 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan Lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, kemampuan guru meningkat dari 65 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 93 siklus II dengan kategori Baik Sekali. Aktivitas Siswa meningkat dari 68 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 77 dengan kategori baik sekali pada siklus II. Hasil tes belajar siswa siklus I 45% meningkat menjadi 980% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick pada pembelajaran IPS lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Nurdin Manyak M.Ag 2.Darmiah M.A
Uncontrolled Keywords: Model Talking, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Fitri
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:39
Last Modified: 11 Apr 2018 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item
View Item