Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Fiqh Materi Tajhiz Mayit Kelas IX Tingkat MTs Aceh Besar

Seroja, 190201114 (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Fiqh Materi Tajhiz Mayit Kelas IX Tingkat MTs Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Fiqh Materi Tajhiz Mayit Kelas IX Tingkat MTs Aceh Besar] Text (Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Fiqh Materi Tajhiz Mayit Kelas IX Tingkat MTs Aceh Besar)
Seroja, 190201114, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian kinerja pada materi Fiqh Tajhiz Mayit berangkat dari permasalahan kesulitan guru dalam menyusun instrumen terutama untuk ranah keterampilan/ psikomotorik. Guru lebih fokus kepada penilaian ranah kognitif karena jadwal pelaksanaannya lebih jelas daripada penilaian afektif dan psikomotorik. Hal tersebut menyebabkan peserta didik hanya mengetahui teori dari sebuah ilmu tanpa memahami tata cara pelaksanaannya, khususnya pada materi dalam penelitian ini yaitu tajhiz mayit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran Fiqh materi Tajhiz Mayit kelas IX Tingkat MTs dan mengetahui tingkat kelayakan serta respon guru terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan 4D, yang mencakup empat langkah sebagai berikut: Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Desseminates (Penyebaran) yang dimodifikasikan sesuai kondisi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Untuk persentase tahap validasi instrumen penilaian dari bidang evaluasi sebesar 95,83%, dan dari bidang materi sebesar 98,21%. Total nilai rata-rata dari keseluruhan persentase validator berjumlah 97% dengan kriteria “Sangat Layak”. Adapun hasil respon beberapa guru MTs Aceh Besar secara keseluruhan menunjukkan hasil “Sangat Baik” untuk instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan dengan mendapatkan total persentase 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Instrumen Penilaian Kinerja Tajhiz Mayit Kelas IX layak digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran Fiqh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Seroja Oja
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:05
Last Modified: 25 Sep 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32804

Actions (login required)

View Item
View Item