Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry

Bazelia Izasatifa, 180208044 (2023) Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry] Text (Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry)
Bazelia Izasatifa, 180208044, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan panduan praktikum kimia dasar pada prodi pendidikan kimia FTK UIN Ar-Raniry dilatar belakangi oleh pemanfaatan panduan praktikum yang dimanfaatkan mahasiswa dalam pembelajaran praktikum kimia dasar memang sudah ada, tetapi masih perlu dilengkapi dengan materi-materi, dan penambahan gambar dalam panduan. Peneliti tertarik untuk melakukan penegembangan guna untuk menarik lagi minat mahasiswa dalam melakukan pembelajaran praktikum. Proses pengembangan dari panduan praktikum kimia dasar yang sudah ada dilaboratorium, peneliti menambahkan penjelasan tentang inovasi penambahan dasar teori didalam panduan serta gambar-gambar yang belum ada pada panduan sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan panduan praktikum kimia dasar pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan panduan praktikum kimia dasar pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2022 yang telah mempelajari materi praktikum kimia dasar yang berjumlah 20 orang mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE, teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan validasi dan penyebaran angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa terhadap panduan praktikum kimia dasar diperoleh persentase sebesar 87,34% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba kepada mahasiswa diperoleh persentase 88% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Panduan praktikum kimia dasar sangat valid digunakan di Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Bazelia Izasatifa
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:25
Last Modified: 25 Sep 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32809

Actions (login required)

View Item
View Item