Model Integrasi Pesantren dan Sekolah (Studi : Yayasan Dayah/Pesantren Darul Abrar, Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya)

Nurlathifah, 361303543 (2018) Model Integrasi Pesantren dan Sekolah (Studi : Yayasan Dayah/Pesantren Darul Abrar, Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model Integrasi Pesantren dan Sekolah]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Integrasi Pesantren dan Sekolah)
Nurlathifah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Darul Abrar merupakan satu yayasan Dayah/ pesantren terpadu dimana mempunyai tiga instansi pendidikan sperti Instansi Dayah, instansi sekolah baik itu SMP Swasta Darul Abrar juga SMAS Darul Abrar berada dalam satu lingkungan yang saling berjalan ber iringgan yakni berada di Gampong Baro, awal Darul Abrar terbentuk sebelum stunami pada 2000, di dirikan oleh Tgk.H.Mustafa Sarong, S.pd.I beserta dengan dewan guru lainnya sehingga terbentuklah Darul Abrar sering disebut dengan nama DA sahaja Darul Abrar menjadi Wali bagi siswa SMP Darul Abrar maupun SMAS Darul Abrar apabila ada kegiatan diluar sekolah seperti ada perlaksanaan Paskibraka kabupaten Aceh Jaya pada saat 17 Agustus maka sekolah memberi tahu pihak Pesantren dahulu sebelum pergi untuk acara Paskibraka tersebut. Visi pesantren Darul Abrar yakni ingin mewujudkan suasana yang Islami dalam menjalankan syari’at Islam, kemudian Misi melahirkan kader-kader Ulama para Da,I/Da.iah cendikiawan muslim/muslimah untuk menyatukan umat dalam pengamalan Agama Islam yang berguna bagi bangsa dan negara, memiliki pengetahuan Imtaq dan Iptek yang mantap,Sehingga tanpa disadari bahwa Darul Abrar telah melakukan integrasi dibidang pendidikan ini sangatlah memberi mamfaat tersendiri dan sangatlah berguna dalam meningkatkan minat belajar dan mendalami bahasa asing bagi siswa dan guru khususnya. Model Integrasi Pesantren dan Sekolah Darul Abrar menarik untuk diteliti dengan mengajukan beberapa pertanyaan kunci seperti apa yang melatar belakangi atau motivasi mengabungkan insitusi pesantren dan sekolah, dan bagaimana model dan konsep kurikulum pemaduan mata pelajaran umum dan Agama dipesantren Darul Abrar.untuk mendapatkan hasil dari beberapa pertanyaan diatas penulis mengunakan metode (qualitative research )yakni penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dimana tehnik pengumpulan datanya meliputi:wawancara mendalam (in-depth interview), observasi, dokumentasi (dokumentasi pribadi, dokumentasi resmi), dan tehnik analisis data meliputi mengumpulkan data, mengklasifikasi dan kemudian menarik kesimpulan setelah melakukan penelitian. Adapun hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa model Integrasi pesantren dan sekolah menunjukkan bahwa ada tiga model integrasi di Pesantren Darul Abrar yakni Model integrasi lokasi atau tempat, pesantren dan sekolah berada dalam satu lokasi saling bertetangga (dayahku tatangga sekolahku,sekolahku tetangga Dayahku)begitulah bisa diibaratkan, yang kedua integrasi santrinya yakni siswa disekolah SMP Swasta Darul Abrar maupun SMAS Darul Abrar merupakan santriwan-santriwati Darul Abrar wajib mondok atau yang menetap di Asrama-asrama yang ditetapkan oleh Dayah, ketiga integrasi kurikulum dimana selain kurikulum Pesantren seperti belajar kitab kuning dan sekolah Darul Abrar mengunakan Nasional yakni kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 atau sering disebut dengan (K 13), keterpaduan kurikulum ini bisa dilihat dalam penerapan bahasa dimana selain disekolah belajar bahasa indonesia,bahasa inggris, dan bahasa arab, di Dayah juga belajar bahasa dengan cara mengikuti les dan kegiatan muhazarah dilakukan pada tiap malam minggu dilakukan di Aula dengan berkumpul bersama-sama dimana para santri memaparkan pidato didepan teman-temanya, baik itu bahasa Nasional yakni bahasa indonesia, maupun bahasa arab dan bahasa inggris, sehingga menurut dewan guru di Darul Abrar integrasi mempengaruhi nilai dayah tetapi tidak mengurangi nilai keaslian dayah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs.Fuadi, M.Hum 2.Furqan, Lc.M.A
Uncontrolled Keywords: Model Integrasi Pesantren dan Sekolah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nur Lathifah
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:28
Last Modified: 04 Apr 2018 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item
View Item