Pemahaman Masyarakat Gampong Lubuk Sukon Terhadap Ayat-Ayat Al-Quran Yang Berkaitan Dengan Lingkungan

Triana Dewi, 160303081 (2023) Pemahaman Masyarakat Gampong Lubuk Sukon Terhadap Ayat-Ayat Al-Quran Yang Berkaitan Dengan Lingkungan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Gampong Lubuk Sukon Terhadap Ayat-Ayat Al-Quran Yang Berkaitan Dengan Lingkungan] Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Lubuk Sukon Terhadap Ayat-Ayat Al-Quran Yang Berkaitan Dengan Lingkungan)
Triana Dewi, 160303081, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang masih mengalami kerusakan lingkungan seperti kebiasaan membuang sampah bukan pada tempatnya, ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan, dan sebagainya. Tetapi, terdapat salah satu gampong yang menjaga kelestarian lingkungannya serta kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap lingkungan yaitu Gampong Lubuk Sukon di kawasan Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fakta kehidupan masyarakat lubuk sukon, usaha masyarakat dalam melestarikan lingkungan dan korelasi antara perilaku masyarakat terkait lingkungan dengan pemahaman akan ayat-ayat lingkungan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), dan menggunakan pendekatan sosiologis. Tehnik pengumpul data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentassi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta kehidupan masyarakat lubuk sukon, yaitu selain kesadaran diri dalam menjaga lingkungan yang diajarkan secara turun-temurun, masyarakat juga mempunyai keunikan, adat dan budaya gampong. Adapun usaha yang dilakukan masyarakat dalam menjaga lingkungan, yaitu membersihkan halaman rumah dan sekitarnya setiap hari, mengadakan gotong royong dan sebagainya. Sementara korelasi antara perilaku masyarakat terkait lingkungan dengan pemahaman akan ayat-ayat lingkungan adalah sikap antusias yang dimiliki masyarakat gampong, sebagian dari mereka memahami perintah untuk menjaga lingkungan, sedangkan sebagian lainnya berdasarkan kebiasaan sehari-hari mereka dalam menjaga lingkungan yang telah diajarkan secara turun-temurun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Triana Dewi
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:25
Last Modified: 25 Sep 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32812

Actions (login required)

View Item
View Item