Eksistensi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Irdatun Rahmia, 190201037 (2023) Eksistensi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Eksistensi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue] Text (Eksistensi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
Irdatun Rahmia, 190201037, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dalam lingkungan sekolah siswa lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan teman sebayanya. Oleh karena itu dengan adanya pergaulan antar teman sebaya ini dapat memberikan pengaruh terhadap siswa lainnya salah satunya peningkatan terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap peningkatan minat belajar Pendidikan Agama Islam. Kemudian, menjelaskan faktor apa saja dari teman sebaya yang dapat mempengaruhi peningkatan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui obserbasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hubungan dan komunikasi antar teman sebaya siswa kelas VII tergolong baik (2) teman sebaya meningkatkan kemampuan daya saing siswa saat berada di kelas (3) teman sebaya membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan (4) teman sebaya menjadi contoh atau model bagi teman-temannya baik sikap atau sifat yang dapat ditiru (5) teman sebaya juga berperan sebaya motivator atau pendorong dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irdatun Rahmia
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:52
Last Modified: 26 Sep 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32834

Actions (login required)

View Item
View Item