Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis cerpen Pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Kota Banda Aceh

Yuliana. H, 180204057 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis cerpen Pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerpen] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerpen)
Skripsi Miftahul Jannah 190405043 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Yuliana. H
NIM : 180204057
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Fisika
Judul Tugas Akhir : Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Cerpen Pada Materi
Fluida Statis di MAN 3 Kota Banda Aceh
Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd
Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Kata Kunci : Bahan Ajar, Cerpen, Fluida Statis

Pada observasi yang telah dilakukan ada permasalahan yang sering kali terjadi pada saat proses pembelaj aran di kelas antara lain; (1) peserta didik kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar, (2) pembelajaran fisika, kurang menarik bagi peserta didik sehingga dalam belajar fisika sering dianggap mata pelajaran yang membosankan dan sebagai pembelajaran yang sulit diantara pelajaran yang lain, (3) dengan masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran fisika yang diakibatkan karena kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan bahan ajar, selain itu kurangnya pemberian model dan metode pembelajaran yang kurang menarik minat belajar peserta didik terutama pelajaran fisika. Pada permasalah tersebut peneliti tertarik melaksanakan penelitian Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Cerpen Pada Materi Fluida Statis di MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk modul berbasis cerpen fisika pada materi fluida statis dan untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan Model Plomb. Model Plomp memiliki Tahap pengembangan bahan ajar fisika berbasis cerpen pada materi fluida statis dengan menggunakan metode plomp melalui beberapa fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Pengembangan bahan ajar berupa produk Modul yang telah dikembangkan dengan materi fluida statis. Pada tahapan pembuatan modul dimulai dari isi modul, susunan modul dan desain cover yang berhubungan dengan materi modul pembelajaran. Kelayakan modul pembelajaran berbasis cerpen pada materi luida statis tingkat SMP/MTS yang dihasilkan melalui validasi oleh para validator mencapai standar kelayakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data secara keseluruhan dari validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi materi, bahasa dan media pada bahan ajar fisika berbasis cerpen dengan pembelajaran materi fisika diperoleh data bahwa hasil validasi dari setiap validator dinyatakan sangat valid karena memenuhi syarat nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat valid oleh ahli media dan nilai rata-rata total 4,5 dengan kriteria valid oleh ahli materi serta ahli bahasa dan layak digunakan dengan sedikit revisi kecil dan telah diperbaiki sesuai dengan saran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yuliana H Yuli
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:31
Last Modified: 26 Sep 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32841

Actions (login required)

View Item
View Item