Resepsi Ayat-Ayat Tentang Ekologi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pecinta Alam

Khairul Athfal, 180303047 (2023) Resepsi Ayat-Ayat Tentang Ekologi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pecinta Alam. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Ekologi, Gainpala, Ayat-ayat tentang ekologi] Text (Ekologi, Gainpala, Ayat-ayat tentang ekologi)
Khairul Athfal, 180303047 (2023) Resepsi Ayat-ayat Ekologi Pada Mahasiswa UIN Pecinta Alam FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Ekologi merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungan. Al-Qur’an mengandung banyak ayat tentang ekologi. Realita saat ini, Kondisi ekologi lingkungan belum terselesaikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan masih maraknya terjadi illegal logging dan kurangnya perhatian masyarakat tentang pelestarian lingkungan. Upaya untuk mengatasi permasalahan pelestarian lingkungan tersebut dilaksanakan oleh UKM PA-LH Gainpala Ar-raniry Banda Aceh. Penelitian ini ingin melihat bagaimana resepsi ayat-ayat tentang ekologi meliputi pemahaman dan implementasinya pada Gainpala. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota Gainpala secara umum memiliki pemahaman yang sama tentang ekologi lingkungan, tetapi berbeda penekanan pada penanganan ekologi lingkungan, yaitu dengan menjaga kebersihan dan adanya penyuluhan lingkungan. Anggota Gainpala secara pemahaman juga mengetahui pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Namun, belum memahami konsep ekologi lingkungan dalam Al-Qur’an secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Athfal Khairul Athfal
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:35
Last Modified: 26 Sep 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32842

Actions (login required)

View Item
View Item