Peran Kamikita Community Center Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Daur Ulang Sampah Di Kota Banda Aceh

Putri Raihan, 170404038 (2022) Peran Kamikita Community Center Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Daur Ulang Sampah Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Kamikita Community Center Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Daur Ulang Sampah Di Kota Banda Aceh] Text (Peran Kamikita Community Center Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Daur Ulang Sampah Di Kota Banda Aceh)
SKRIPSI PUTRI RAIHAN PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Sampah adalah masalah yang sangat umum kita jumpai saat ini. Banyak terjadinya pencemaran lingkungan serta rusaknya ekosistem. KamiKITA adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pertumbuhan ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Lembaga ini memiliki empat program yaitu, Urban Farming/perkebunan perkotaan, Financial Literacy Training (FLT) Basic Financial Training/pelatihan keuangan dasar, Multisport Court Facility/sarana olahraga dan Re-Upcycle/daur ulang sampah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peran KamiKITA Comunity Center Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Pengelolaan Daur Ulang Sampah di Kota Banda Aceh. Serta Dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya program KamiKITA. Hasil penelitian menunjukan Peran KamiKITA Community Center dalam mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan dan daur ulang sampah dilakukan melalui beberapa program yaitu, sosialisasi, edukasi dan pelatihan. Sosialisasi dan edukasi dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah dan dampak sampah bagi kehidupan. Dalam pelatihan pihak KamiKITA mengajarkan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik serta proses pembuatan Eco Enzyme Dampak dari program KamiKITA kepada masyarakat ditunjukan dengan adanya perubahan sikap masyarakat dalam menanggapi pesoalan sampah dan kebersihan lingkungan. Kemudian masyarakat banyak belajar tetang kegiatan perkebunan, perawatan serta daur ulang sampah hingga menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Raihan Putri
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:24
Last Modified: 26 Sep 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32844

Actions (login required)

View Item
View Item