Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa Di SDN Seuneubok Alur Buloh Aceh Selatan

Munawarah, 190209057 (2023) Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa Di SDN Seuneubok Alur Buloh Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa Di SDN Seuneubok Alur Buloh Aceh Selatan] Text (Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa Di SDN Seuneubok Alur Buloh Aceh Selatan)
Munawarah Skripsi Lengkap (cetak) .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Karakter adalah identitas yang melekat pada manusia yang selalu berubah, sehingga penting dikembangkan dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Seuneubok Alur Buloh, Peneliti menemukan beberapa tingkah laku siswa yang kurang mencerminkan adanya nilai-nilai karakter dalam diri siswa. Peneliti menduga merosotnya nilai karakter di kalangan siswa di sekolah tersebut dikarenakan pembentukan nilai karakter yang masih belum menyeluruh, serta adanya berbagai macam faktor yang dialami oleh peserta didik, hal tersebut bisa mempengaruhi pembentukan nilai karakter mereka. Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam membentuk nilai karakter siswa dan kendala apa saja yang dihadapi guru dalam membentuk nilai karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru dalam membentuk nilai karakter siswa yaitu: 1) lingkungan sekolah serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang mendukung; 2) faktor lingkungan (lingkungan keluarga dan masyarakat); 3) kurangnya keteladanan guru. Sedangkan upaya guru dalam membentuk nilai karakter peserta didik yaitu: a) karakter religius: melakukan pembiasaan dan keteladanan; b) karakter jujur: memberi contoh dengan keteladanan guru dan menerapkan karakter kejujuran dalam kehidupan sehari-hari; c) karakter disiplin: guru melakukan pembinaan terhadap siswa, memberi teguran dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar; d) karakter tanggung jawab: pemberian tata tertib, penerapan budaya positif serta pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munawarah Munawarah
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:33
Last Modified: 26 Sep 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item
View Item