Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 9 Pidie

Faiza Hasna, 190209052 (2023) Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 9 Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 9 Pidie] Text (Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 9 Pidie)
SKRIPSI FAIZA HASNA upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter pada proses pendidikan dianggap sangat penting, sehingga harus ditanamkan di sekolah, terutama pada pembelajaran tematik. Sebuah skripsi bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas V MIN 9 Pidie dan kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas V MIN 9 Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V MIN 9 Pidie dan guru pengajar tematik. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa cara guru menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik yaitu berdoa sebelum pembelajaran dimulai dan juga menutup pembelajaran dengan doa, menegakkan kedisiplinan siswa, mengawasi dan memantau siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, memeriksa kelengkapan seragam siswa, memberikan hadiah kepada siswa yang berperilaku terpuji, memberikan hukuman fisik sewajarnya kepada siswa. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik yaitu tidak semua guru berpatisipasi dalam mengawasi siswa, tidak semua guru mampu menanamkan nilai-nilai karakter ketika mengajar, dukungan dari orang tua juga kurang, dan kurang dukungan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faiza Hasna Faiza
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:33
Last Modified: 26 Sep 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32857

Actions (login required)

View Item
View Item