Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Pariwisata Alam Danau Laut Tawar Di Kabupaten Aceh Tengah

Zulfanedi Ar, 150802086 (2022) Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Pariwisata Alam Danau Laut Tawar Di Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan   Pariwisata Alam Danau Laut Tawar Di Kabupaten Aceh Tengah] Text (Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Pariwisata Alam Danau Laut Tawar Di Kabupaten Aceh Tengah)
Zulfanedi AR, 150802086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata alam yang potensial terdiri dari 42 objek wisata Menurut Undang-undang Nomor
Tahun 2009 tentang kepariwisataan, kepariwisataan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengatasi pengangguran dan lainnya. Meskipun potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Aceh Tengah sudah memadai, namun dalam proses pengembangannya saat ini masih belum sepenuhnya berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran Dinas Pariwisata dalam mengembangkan objek pariwisata alam di Kabupaten Aceh Tengah dan bagaimanakah peluang serta tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan pariwisata alam di Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran Dinas Pariwisata dilihat melalui 3 Aspek yaitu: pemerintah sebagai Motivator ialah sebagai pendukung. Fasilitator yaitu pemerintah menyediakan sarana dan prasarana, pemerintah sebagai Dinamisator yaitu pemberian bimbingan, pengarahan, dan pelatihan. Peluang yang dihadapi Dinas Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata ialah potensi alam yang besar, peluang ekonomi kreatif, serta investasi atau bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Tantangan yang dihadapi Dinas Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata alam yaitu kurangnya pemahaman masyarakat dengan timbulnya perspektif negatif terhadap potensi alam yang dimiliki daerah. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang berbasis kepariwisataan, serta anggaran yang menjadi hambatan bagi Dinas dalam mengembangkan wisata alam di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran yang dilakukan Dinas Pariwisata masih belum optimal, dengan banyaknya fasilitas yang masih kurang memadai, dan kurangnya pemahaman masyarakat sekitar tentang peluang terhadap potensi wisata alam yang dapat meningkatkan taraf kehidupan, pertumbuhan ekonomi serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Zulfanedi AR Zulfan
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:38
Last Modified: 26 Sep 2023 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32864

Actions (login required)

View Item
View Item