Pengaruh Penambahan HPMC (Hidroxy Propyl Methyl Cellulose) Terhadap Ketahanan Wangi Gel Pengharum Ruangan dari Karagenan

Pristiana, 180704036 (2023) Pengaruh Penambahan HPMC (Hidroxy Propyl Methyl Cellulose) Terhadap Ketahanan Wangi Gel Pengharum Ruangan dari Karagenan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh penambahan HPMC (Hidroxy Propyl Methyl Cellulose) Terhadap Ketahanan Wangi Gel Pengharum Ruangan dari Karagenan] Text (Pengaruh penambahan HPMC (Hidroxy Propyl Methyl Cellulose) Terhadap Ketahanan Wangi Gel Pengharum Ruangan dari Karagenan)
Pristiana, 180704036, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengharum ruangan merupakan produk rumah tangga yang dapat melepaskan wangi ke ruangan melalui udara. Bahan tambahan yang dapat membuat ketahanan wangi lebih tahan lama dari pengharum ruangan adalah HPMC (Hydroxy Propyl Methyl Cellulose).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan HPMC terhadap ketahanan wangi pengharum ruangan dari karagenan. Metode penelitianini dilakukan secara eksperimental. Gel pengharum
ruangan ditambahkan HPMC dengan variasi konsentrasi yaitu 0% (F0), 0,5% (F1), 1% (F2), dan 1,5% (F3). Gel pengharum ruangan yang dihasilkan dilakukan beberapa pengujian seperti uji organoleptik, uji sineresis, uji kesukaan, uji ketahanan wangi gel, uji penguapan zat cair, analisis statistika, dan uji kekuatan. Hasil gel pengharum ruangan yang optimal diperoleh pada F3 dengan penambahan HPMC 1,5%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa gel pengharum ruangan yang dihasilkan dengan penambahan HPMC dapat mengikat ketahanan wangi yang lebih lama dengan konsentrasi yang paling efektif yaitu pada F3, menghasilkan kekuatan gel yang paling besar yaitu 4,5 gf, menghasilkan sisa bobot yang paling besar dan mengalami sedikit penguapan baik pada suhu ruang maupun AC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Pristiana Pristiana
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:41
Last Modified: 29 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

View Item
View Item