Pengembangan Buku Kimia Pangan Halal Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh

May Sintia Sipahutar, 190208004 (2023) Pengembangan Buku Kimia Pangan Halal Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Buku Kimia Pangan Halal Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pengembangan Buku Kimia Pangan Halal Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
May Sintia Sipahutar, 190208004, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar mengenai kimia pangan halal di program studi pendidikan kimia yang membantu pengembangan produk halal termasuk pangan halal dalam menghadapi tren halal (life style), artinya pertumbuhan atau peningkatan kesadaran tentang produk halal. Hal ini mencerminkan bahwa konsep halal bukan sekedar tren, tetapi juga mencerminkan pergeseran dalam preferensi konsumen dan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku kimia pangan halal pada prodi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry, serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan buku kimia pangan halal. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) melalui prosedur tahapan ADDIE (analysis, desaign, development, implementation, dan evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang validator serta angket respon yang disebarkan kepada mahasiswa pendidikan kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan persentase sebesar 85,83% dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada mahasiswa pendidikan kimia melalui penyebaran angket respon diperoleh skor keseluruhan sebesar 83,33% dengan kualifikasi “sangat setuju”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku kimia pangan halal sangat layak untuk digunakan oleh mahasiswa pendidikan kimia diperguruan tinggi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memahami pangan halal dengan konteks kimia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: May Sintia Sipahutar
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:39
Last Modified: 29 Sep 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item
View Item