Penerapan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moodle Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Langsa

Irfan Trisnadi, 160201049 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moodle Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang hasil belajar mengguanakan Moodle] Text (Membahas tentang hasil belajar mengguanakan Moodle)
Irfan Trisnadi, 160201049, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning) adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengubah media pembelajaran menjadi struktur internet yang memanfaatkan sebuah situs untuk memberikan pelajaran maupun tugas yang bisa diakses melalui Komputer maupun Handphone dan dapat dikerjakan diluar jam kelas. Dengan adanya Moodle, latihan pembelajaran tambahan dapat dikerjakan untuk siswa-siswa. Pendidik atau guru dapat mengembangkan materi kursus dan latihan, serta bekerja dengan percakapan online. Hambatan yang terjadi selama pembelajaran adalah siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat saat guru dalam mengajukan pertanyaan, Siswa kurang fokus maupun bertanya. Banyak siswa yang tidak menangkap pesan-pesan penting dari guru, baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penenerapan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Moodle di sekolah SMA Negeri 3 Langsa dan pengaruh pengembangan pembelajaran Moodle terhadap hasil belajar siswa. Untuk memperoleh jawaban digunakan metode penelitian quasi eksperimental yang berupaya menentukan apakah penerapan Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa atau tidak. Berdasarkan kajian yang dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa siswa di Kelas X4 yang menggunakan e-learning berbasis Moodle memiliki hasil pembelajaran yang lebih baik daripada siswa di Kelas X2 yang menggunakan media pembelajaran berbasis konvensional. Perbedaan ini menunjukkan bahwa nilai siswa Kelas X4 dengan hasil e-learning berbasis Moodle mengungguli nilai siswa kelas X2. Hasil tes hipotesis mendukung kesimpulan bahwa penggunaan e-learning moodle secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa secara positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods > 006.5 Audio Digital
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irfan Trisnadi Irfan
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:44
Last Modified: 29 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32915

Actions (login required)

View Item
View Item