Analisis Perkembangan Soft Skill Berpikir Kritis Peserta Didik di SMKN 4 Banda Aceh

Fakrol Rahmi, 160211041 (2023) Analisis Perkembangan Soft Skill Berpikir Kritis Peserta Didik di SMKN 4 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Soft Skill, Berpikir Kritis, Peserta didik] Text (Soft Skill, Berpikir Kritis, Peserta didik)
Fakrol Rahmi, 160211041, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan pengetahuan, penalaran, dan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan soft skill berpikir kritis serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan soft skill peserta didik pada materi sistem penerangan sepeda motor di SMKN 4 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara dengan 3 guru dan observasi dengan 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan soft skill berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMKN 4 Banda Aceh berada pada kategori tinggi dengan persentase 84,09%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan soft skill berpikir kritis peserta didik pada materi sistem sepeda motor di SMKN 4 Banda Aceh yaitu motivasi, perkembangan intelektual atau kecerdasan, kondisi fisik dan kecemasan peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan soft skill peserta didik SMKN 4 Banda Aceh berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Fakrol Rahmi Fakrol
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:14
Last Modified: 27 Sep 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32917

Actions (login required)

View Item
View Item