Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP/MTs

M Safrul Zaidi, 180205073 (2023) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP/MTs] Text (Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP/MTs)
M Safrul Zaidi, 180205073, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis mempunyai peran penting dalam menyelesaikan berbagai masalah, khususnya masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun faktanya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu model atau media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya adalah menggunakan video pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui untuk pengaruh penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok di SMP/MTs. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen (Pre-Eksperimen Design) dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design yaitu yang melibatkan satu kelas. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, dengan sampel penelitian kelas VIII-4 yang dipilih secara sampling purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa selanjutnya dianalisis dengan menggunakan (uji-t) pihak kanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 12,08 dan ttabel= 1,71. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t_hitung>t_tabel atau 12,08 >1,71 sehingga hipotesis alternatif H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zaidi M. Safrul
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:56
Last Modified: 27 Sep 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32921

Actions (login required)

View Item
View Item