Moderasi Beragama Pada Organisasi Mahasiswa Islam Extra Kampus Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Siti Ulva Lisatin Zikra, 190404021 (2023) Moderasi Beragama Pada Organisasi Mahasiswa Islam Extra Kampus Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Moderasi Beragama Pada Organisasi Mahasiswa Islam Extra Kampus Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Moderasi Beragama Pada Organisasi Mahasiswa Islam Extra Kampus Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Siti Ulva Lisatin Zikra, 190404021, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Moderasi beragama merupakan kunci suatu toleransi dan kerukunan. Dengan adanya moderasi beragama maka umat yang beragama mereka saling menghormati, bersikap adil dan saling menerima perbedaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran moderasi beragama pada organisasi, bagaimana pengaruh organisasi extra terhadap organisasi intra kampus, dan apa saja isu moderasi beragama yang berkembang saat ini di kampus. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Jumlah informan di dalam penelitian ini 10 orang diantaranya 5 pengurus HMI dan 5 Pengurus KAMMI seperti: ketua organisasi, sekertaris jenderal, sekertaris bidang, anggota dan alumni dari masing-masing organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya peran organisasi terhadap pelaksanaan moderasi beragama pada organisasi Islam sudah ada di kedua organisasi, diantaranya terkait dengan keIslaman, keIndonesiaan, serta sebagai mitranya pemerintah. Terkait dengan pengaruh organisasi extra terhadap organisasi intra kampus memiliki sifat positif dan negatif salah satu sifat positifnya, organisasi extra sangat membantu organisasi intra terutama dari kader-kader yang ada di organisasi extra menjadi ketua atau memiliki jabatan yang tinggi di organisasi intra kampus. Terkait isu yang berkembang saat ini organisasi masih melihat apakah isu tersebut benar atau tidak, serta mencegah agar tidak menyebar keluar dari kampus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Ulva Lisatin Zikra
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:26
Last Modified: 27 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

View Item
View Item