Identifikasi Problem Psikososial Pada Lansia Dan Penangannnya Menurut Bimbingan Islami (Studi di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues)

Dian Sri Wahyuni, 170402001 (2023) Identifikasi Problem Psikososial Pada Lansia Dan Penangannnya Menurut Bimbingan Islami (Studi di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Problem Psikososial Pada Lansia Dan Penangannnya Menurut Bimbingan Islami (Studi di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues)] Text (Identifikasi Problem Psikososial Pada Lansia Dan Penangannnya Menurut Bimbingan Islami (Studi di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues))
Dian Sri Wahyuni, 170402001, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Lanjut usia merupakan masa yang mendekati akhir siklus kehidupan manusia di dunia, pada priode ini terjadi perubahan yang cukup signifikan menyangkut segala aspek kehidupan, khususnya aspek sosial yang cendrerung mempengaruhi kesejahteraan fisik dan psikis lansia sehingga dapat menyebabkan terjadinya problem psikis yang dapat menggangu lansia tersebut menjalankan fungsinya di lingkungan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan umum untuk mengetahui problem psikososial yang dihadapi lansia sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui kondisi psikososial yang dialami lansia dan penanganannya menurut bimbingan islami di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa rerebe. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian ini sebanyak 9 responden. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu sumber data dengan kriteria, tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem psikososial yang dialami lansia di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe adalah kecemasan yang disebabkan karena kondisi fisik yang menurun, depresi ringan akibat tidak dikunjungi keluarga serta perasaan kesepian karena ditinggal pasangan hidup. Adapun untuk mengatasi problem psikososial pada lansia di Yayasan Panti Jompo Nurul Yaqin Desa Rerebe antara lain; menggunakan pendekatan bimbingan islami dengan cara melaksakan kegiatan shalat berjamaah secara rutin, melakukan kajian ilmu agama dan pemberian tausiah oleh ustadz maupun ustadzah, mengaji, berzikir serta mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an setiap hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Psikososial, Lansia, Bimbingan Islami
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dian Sri Wahyuni Dian
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:31
Last Modified: 27 Sep 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item
View Item