Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbentuk Majalah Berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Di SMA/MA

Junaida, 190204015 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbentuk Majalah Berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Di SMA/MA. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Junaida, 190204015, FTK, PFS, 082216525605.pdf] Text
Junaida, 190204015, FTK, PFS, 082216525605.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Tidak semua guru dapat mengembangkan dan menggunakan bahan ajar yang kreatif disebabkan berbagai alasan, sehingga pembelajaran hanya terpaku pada buku paket dan proses pembelajaran hanya terjadi satu arah. Dengan demikian, dibutuhkan bahan ajar pendamping selain yang disediakan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menganalisis tingkat kelayakan media serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar fisika berbentuk majalah berbasis tpack (technological pedagogical and content knowledge) pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Reseach and Development (R&D) dengan model 4-D (four D model). Model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93,66 % dan validasi ahli media sebesar 90,5 % sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan sebesar 92,08 % dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh sebesar 95 % dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbentuk majalah berbasis TPACK pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sangat layak dan sangat menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Junaida Junaida
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:26
Last Modified: 27 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item
View Item