Penerapan Metode Reading Aloud Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran PAI Aspek Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas V SDN Unggul Keude Bieng Lhoknga Aceh Besar

Achmad Riyadi, 160201062 (2023) Penerapan Metode Reading Aloud Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran PAI Aspek Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas V SDN Unggul Keude Bieng Lhoknga Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang metode pembelajaran Reading Aloud] Text (membahas tentang metode pembelajaran Reading Aloud)
Achmad Riyadi, 160201062, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N keude Bieng masih tergolong rendah, guru mata pelajaran PAI SD N Keude Bieng mengatakan siswa kelas V kebanyakan hanya sekedar membaca Al-Qur’an tanpa memahami kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar. Diduga beberapa faktor yang menyebabkannya karena guru lebih berfokus kepada meberikan tugas-tugas tentang isi atau makna dari surah yang sedang mereka pelajari, guru kurang berfokus pada hukum-hukum tajwid yang ada dalam surah tersebut, dan guru juga kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai kemampuan awal siswa kelas V dalam membaca Al-Qur’an, (2) mengetahui apakah metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (3) mengetahui apakah metode reading aloud dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes lisan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, dan Observasi keaktifan guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V sebelum menggunakan metode reading aloud menunjukan bahwa hanya 12 siswa atau 50% yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 76. (2) Penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa, dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM. Pada silus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 20 siswa atau 83,3% dengan nilai rata-rata 79,60, kemudian pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 23 siswa atau 95,8% dengan nilai rata-rata 81,82. (3) Penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa, pada siklus I nilai keaktifan guru 81,25 meningkat menjadi 95.83 pada siklus II. Nilai keaktifan siswa pada siklus I 77,09 meningkat menjadi 81,25 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N Unggul Keude Bieng Lhoknga Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Riyadi
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:43
Last Modified: 27 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32944

Actions (login required)

View Item
View Item