Analisis strategi penghimpunan dana dalam upaya meningkatkan produk pembiayaan di baitul misykat banda aceh

Cindi Itami, 170603164 (2023) Analisis strategi penghimpunan dana dalam upaya meningkatkan produk pembiayaan di baitul misykat banda aceh. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis strategi penghimpunan dana dalam upaya meningkatkan produk pembiayaan di baitul misykat banda aceh] Text (Analisis strategi penghimpunan dana dalam upaya meningkatkan produk pembiayaan di baitul misykat banda aceh)
Cindi Itami, 170603164, FEBI, PS, 082286589800 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Baitul Misykat menggunakan strategi pemberian modal dan berdakwah untuk mendapatkan dana tambahan rutin yang digunakan untuk membantu masyarakat atau pedagang lainnya yang membutuhkan bantuan pembiayaan dalam segi permodalan untuk menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penghimpunan dana yang telah dijalankan dalam upaya mendukung peningkatan penyaluran produk pembiayaan di Baitul Misykat Banda Aceh dan kendala dalam mendukung penghimpunan dana yang telah dijalankan oleh Baitul Misykat Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa inovasi produk berpengaruh terhadap pengembangan UMKM di Kota Banda Aceh dalam menghimpun dana untuk mendukung peningkatan penyaluran produk pembiayaan dilakukan dengan strategi menyampaikan tujuan dan programnya secara langsung kepada calon donatur melalui kegiatan gerakan jama‟ah pengajian kepada masyarakat serta melibatkan lembaga keuangan lain. Kendala dalam penghimpunan dananya Baitul Misykat Banda Aceh ialah masih minimnya tingkat kepercayaan sebagaian donatur untuk menyalurkan dananya melalui Baitul Misykat Banda Aceh serta keterbatasan kompetensi pengetahuan sebagian karyawannya terkait perhimpunan dana dalam meningkatkan produk pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cindi Itami Cindi
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:41
Last Modified: 29 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item
View Item