Pengaruh Permainan Konstruktif Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Barona Aceh Jaya

Mira Roza, 180210020 (2023) Pengaruh Permainan Konstruktif Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Barona Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Konstruktif Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Barona Aceh Jaya] Text (Pengaruh Permainan Konstruktif Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Barona Aceh Jaya)
Mira Roza, 180210020, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal ditemukan sebuah permasalahan dimana kreativitas anak usia 5-6 tahun yang belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Permasalahan kreativitas anak usia 5-6 tahun yang ditemukan yaitu ketika kegiatan bermain balok, anak belum mampu menyusun balok dengan pola baru dan imajinasi anak, seperti menyusun balok menjadi bentuk rumah dan lain lain, anak belum mampu menyusun balok dengan dengan pola baru sesuai kreativitas,Maka peneliti menggunakan bermain konstruktif untuk melihat kreativitas, Bermain konstruktif adalah sebuah permainan dimana peseta didik diminta menggunakan bahan untuk membuat sesuatu hal secara menyenangkan dan penuh kegembiraan. Metode kuantitatif berjenis experiment dengan desain penelitian Pre-eksperimental design, Teknik sampel jenuh total sampling yang digunakan ialah 10 anak kelas B dengan teknik pengumpulan data dengan instrument lembar observasi dan dokumentasi, dan teknik pengolahan data dengan uji normalitas dan uji hipotesisi. Hasil penelitian diperolehan nilai Pretes 4.3 dan nilai posttest 10 dan diperoleh nilai uji normalitas berdistribusi normal dengan nilai 0.200 bahwa signifikansi < 0,05. Hasil hipotesis yang diperoleh Sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,8 > 1,8. Dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya terdapat pengaruh permainan konstruktif bahan alam terhadap kreativitas anak usia 5 – 6 di TK Barona Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mira Roza
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:29
Last Modified: 27 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32956

Actions (login required)

View Item
View Item