Pemahaman Masyarakat Gampong Kampung Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh Terhadap Surah Al-A’rāf Ayat 204

Nurul Wulansari, 190303053 (2023) Pemahaman Masyarakat Gampong Kampung Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh Terhadap Surah Al-A’rāf Ayat 204. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Gampong Kampung Baru  Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh Terhadap Surah Al-A’rāf Ayat 204] Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Kampung Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh Terhadap Surah Al-A’rāf Ayat 204)
Nurul Wulansari, 190303053, FUF, IAT.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an surah Al-A’rāf ayat 204 menjelaskan perintah dengar dan diam ketika ayat Al-Qur’an dibaca, fenomena di masyarakat ketika ayat Al-Qur’an dibaca oleh qari masjid maupun menggunakan audio murattal melalui alat pengeras suara, masih banyak masyarakat yang melanjutkan aktivitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman masyarakat Gampong Kampung Baru terhadap surah Al-A’rāf ayat 204, terkait kata “dengar” dan “diam”, dan pandangan masyarakat terhadap perbuatan yang melanggar dan taat sesuai surah Al-A’rāf ayat 204. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun tahap analisis penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan peneliti dari keseluruhan informan yaitu, Masyarakat tidak mengetahui surah dan ayat berapa dalam Al-Qur’an yang menjelasakan perintah dengar dan diam, masyarakat mengetahui setelah peneliti bertanya. Sikap masyarakat Gampong Kampung Baru ketika mendengar bacaan Al-Qur’an yaitu abai terhadap bacaan Al-Qur’an. Kesimpulan penelitian ini adalah, pemahaman dan sikap masyarakat Gampong Kampung Baru terhadap surah Al-A’rāf ayat 204 bevariasi, kesimpulan ini didapatkan berdasarkan hasil observasi peneliti di lapangan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Al-A’arāf 204, Al-Qur’an, mendegar Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Wulansari Nurul
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:34
Last Modified: 27 Sep 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item
View Item