Analisis Intensitas Konsumsi Energi (IKE)Pada Gedung B Fakultas Tarbiyah Dan KeguruanUINAr-RaniryBanda Aceh

Affrianda Rizky, 160211049 (2023) Analisis Intensitas Konsumsi Energi (IKE)Pada Gedung B Fakultas Tarbiyah Dan KeguruanUINAr-RaniryBanda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Intensitas Konsumsi Energi (IKE)Pada Gedung B FakultasTarbiyah Dan KeguruanUINAr-RaniryBanda Aceh] Text (Analisis Intensitas Konsumsi Energi (IKE)Pada Gedung B FakultasTarbiyah Dan KeguruanUINAr-RaniryBanda Aceh)
Affrianda Rizky, 160211049. FTK, PTE, 085275079889.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Energi listrik merupakan suatu kebutuhan masyarakat yang sangat penting sebagai daya ekonomis yang paling dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Dimasa mendatang kebutuhan energi listrik akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan teknologi termasuk dalam dunia pendidikan untuk semua jenjang pendidikan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengkonsumsi energi listrik cukup besar. Gedung B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang merupakan Fakultas yang berada di UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengkonsumsi energi listrik sebesar 17982,85 kWh/bulan, oleh karena itu peneliti menganalisa Konsumsi energi listrik pada peralatan elektronik di pada Gedung B Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk mengetahui tingkat intensitas konsumsi energi pada gedung tersebut masih di bawah standar yang telah ditetapkan oleh permen ESDM no 13/2013, untuk mengetahui konsumsi energi listrik dan melakukan upaya penghematan energi pada bangunan gedung B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan jika intensitas konsumsi energi listrik pada gedung tersebut melebihi standar Indonesia. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obsevasi lapangan. Hasil dari analisis ini dilihat dari data yang diperoleh, data yang diperoleh penelitian ini adalah jumlah daya listrik tertinggi adalah AC dengan total daya yang dikeluarkan sebesar 15223,66 kWh/bulan dan lama waktu yang digunakan peralatan elektronik pada gedung tersebut adalah lampu dengan total jam 42171,5 h. Dari total daya dan lama waktu yang digunakan paling banyak memakan energi listrik adalah AC sebesar 15223,66 kWh/Bulan, dan hasil perhitungan yang diperoleh peneliti mendapatkan nilai IKE pada bangunan gedung B sebesar 2,8 kWh/m2/bulan. Dapat disimpukan bahwa Nilai IKE pada bangunan gedung B UIN Ar-Raniry Banda Aceh dikategorikan dalam kategori sangat efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Keluarga)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Affrianda Rizky Affrianda
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:42
Last Modified: 27 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32965

Actions (login required)

View Item
View Item