Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh

Mira Zulita, 160403041 (2023) Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas  Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh] Text (Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh)
Mira Zulita, 160403041, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi kepemimpinan Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari wakil pimpinan, ustadz dan ustazah, pengurus dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi kepemimpinan Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia ialah menyesuaikan waktu berdiskusi secara aktif dengan tenaga SDM, menyesuaikan ketersediaan sarana dan prasarana dengan aktivitas pesantren, menjalin komunikasi dengan pengurus dan alumni, aktif melakukan pelatihan bagi seluruh elemen pesantren, menerapkan pola kepemimpinan demokrasi dan keteladanan serta aktif melakukan supervisi bagi tenaga pendidik dan pengrus. Faktor pendukung kepemimpinan Pondok Pesantren Terpadu Babun Najah Kota Banda Aceh dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah kuatnya kerja sama antara elemen dan ketersediaan berbagai fasilitas pendukung meningkatakan kualitas SDM. Sedangkan faktor penghambat berupa keterbatasan waktu para tenaga SDM dan masih belum tersedianya sebagian fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Mira Zulita
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:23
Last Modified: 27 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item
View Item