Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelesaian Studi Akhir Tepat Waktu (Studi Pada Program Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ratunoor Aliya, 170402094 (2022) Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelesaian Studi Akhir Tepat Waktu (Studi Pada Program Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelesaian Studi Akhir Tepat Waktu (Studi Pada Program Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah  Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelesaian Studi Akhir Tepat Waktu (Studi Pada Program Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelesaian Studi Akhir Tepat Waktu Di Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Judul tersebut diangkat karena penulis banyak melihat mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan studi akhir secara tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penyelesaian studi akhir tepat waktu. Kedua, untuk mengetahui hambatan mahasiswa dalam penyelesaian studi akhir tepat waktu di Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengeumpulan data dilakukan dengan wawncara secara langsung informan dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa semester akhir. Subjek dari peneltian ini sebanyak 12 responden, terdiri dari tiga orang dosen dan delapan mahasiswa delapan semester akhir di Prodi Bimbingan Konseling Islam Faklutas Dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang penyelesaian studi akhir tepat waktu adalah beberapa mahasiswa menyatakan bahwa studi akhir tepat waktu memang seharusnya dilakukan banteuk tanggung jawab terhadap diri sendiri. Sebagian mahasiswa lainnya berpersepsi tidak harus tepat waktu dalam menyelesaikan skripsi karena beberapa hambatan seperti kesulitan ekonomi, mengulang mata kuliah dan tidak dapat menyelesaikan syarat-syarat kelulusan. Proses persepsi ini terjadi berdasarkan tiga tahap, yakni tahap penerimaan stimulus melalui indera manusia, tahap pengolahan stimulus sosial melalui proses seleksi dan tahap perubahan stimulus yang diterima dalam menanggapi lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ratunoor Aliya Ratu
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:36
Last Modified: 29 Sep 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

View Item
View Item