Pengembangan Alat Peraga Inovatif Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar

Ainun Zharia, 190208083 (2023) Pengembangan Alat Peraga Inovatif Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Alat Peraga Inovatif Pada Materi  Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar] Text (Pengembangan Alat Peraga Inovatif Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar)
Ainun Zharia, 190208083, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan alat peraga inovatif pada materi sistem periodik unsur di SMA Negeri 1 Darul Imarah dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dan sulitnya peserta didik dalam memahami materi sistem periodik unsur yang cenderung berbentuk hafalan dengan hanya menggunakan tabel periodik manual berupa cetakan kertas yang hanya berisikan nama-nama unsur kimia tanpa ada keterangan lebih lanjut. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan alat peraga inovatif pada materi sistem periodik unsur di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar dan bagaimana respon peserta didik terhadap alat peraga inovatif pada materi sistem periodik unsur di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan prosedur tahapan-tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar dan yang dijadikan sampel adalah 20 peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Darul Imarah. Proses pengembangan alat peraga inovatif beracuan pada analisis yang telah dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Darul Imarah. Berdasarkan analisis yang telah didapatkan, peneliti melakukan design terhadap alat peraga dengan bentuk dan pemilihan warna yang baik agar peserta didik tertarik terhadap pembelajaran kimia pada materi sistem periodik unsur, selanjutnya pada tahap development akan dilakukan validasi oleh empat validator ahli terhadap alat peraga inovatif memperoleh persentase rata-rata 88,20% dengan kriteria “sangat layak” dan pada tahap implementation, penggunaan alat peraga inovatif pada materi sistem periodik unsur kepada peserta didik kelas X IPA 2 memperoleh persentase 88,15% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan alat peraga inovatif yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Darul Imarah layak digunakan dan respon peserta didik terhadap alat peraga inovatif dalam proses pembelajaran sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ainun Zharia
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:34
Last Modified: 27 Sep 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32980

Actions (login required)

View Item
View Item